Home / Artikel / Review Kursus Masak UKMKU Agustus 2016

Review Kursus Masak UKMKU Agustus 2016

Kursus Masak UKMKU mulai buka kembali setelah libur panjang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2016. Sebelumnya kami dari Tim UKMKU mengucapkan “ Selamat Hari Idul Fitri 1437 H” . Pada kesempatan awal buka ini kami ingin mengulas tentang kursus masak yang akan diadakan bulan ini. Berikut ini ulasan singkatnya :

  1. Kursus Roti Goreng

Membuat aneka roti goreng seperti roti goreng isi coklat, ayam sayur , daging sapi dan panada. Keunggulan dari kursus roti goreng kami adalah, menggunakan alat rumahan, praktek langsung mengulen adonan hand made, bahan sehat , fresh dan sangat ekonomis (murah meriah) namun rasa roti gorengnya bisa bersaing di pasaran.Roti goreng kami masih bisa dijual dengan harga Rp 1500,- per buah. Kursus ini cocok untuk yang ingin buka usaha rumahan, kios kue dan dengan modal terbatas. Setelah ikut kursus ini bisa langsung mulai usaha !

  1. Kursus Ayam Bakar

Kursus masak Ayam Bakar UKMKU akan diajarkan 3 jenis ayam bakar yang jadi favorit banyak orang. Ayam bakar kecap ala resto terkenal, ayam bumbu rujak dan modifikasi ala ayam bakar RM Padang akan diberikan materinya. Selain itu kami juga akan memberikan tambahan materi ayam bakar kuning ala Jawa Barat. Keunggulan kursus ini, adalah penggunaan alat sederhana ( rumahan), rasa ayam bakar dijamin enak dan memenuhi selera pasar dan diajarkan tips trik membakar dengan arang agar tekstur ayam bakar sempurna. Kursus ini cocok untuk yang ingin buka usaha warung makan, katering nasi boks, rantangan, dan restoran.

  1. Kursus Pempek

Kursus masak pempek akan diajarkan materi pempek kapal selam, lenjeran, kulit dan adaan. Keunggulan dari kursus masak ini adalah bahan bisa dimodifikasi untuk pempek harga mahal maupun harga ekonomis, rasa enak seperti asli dari Palembang,dijamin tidak gagal karena adonan lembek atau tak bisa dibentuk dan bisa membuat isian kapal selam sendiri di saat praktek. Selain membuat adonan peserta juga akan diajarkan membuat cuko dengan rasa mantap !

  1. Kursus Mie Ayam Gerobakan

Ada dua kursus mie di UKMKU yang pertama kursus mie ayam ala resto dan yang kedua adalah kursus ini mie ayam ala gerobakan. Anda akan diajarkan membuat mie ayam mentah mulai dari bahan terigu dan campurannya, minyak ayam, kulit pangsit dan 2 topping ayam khas selera gerobakan yaitu topping ayam ala wonogiri dan topping ayam coklat.

Keunggulan kursus ini adalah mie ayamnya benar-benar rasa Abang-abang  gerobakan yang mantap dan dapat dijual Rp 7-8 ribu per porsinya. Pembuatannya menggunakan dua metode yaitu dengan teknik manual dan mesin modern skala UMKM.

  1. Kursus Roti Bakery Klasik

Kursus masak ini membuat aneka roti manis dengan berbagai isian dan tambahannya membuat Roti Ala Boy yang banyak jadi favorit.

Keunggulan dari kursus ini adalah menggunakan bahan sederhana, membuat sendiri isian rotinya, menggunakan alat,mesin dan oven standart UMKM, memang jenis rotinya masih didominasi jenis roti bakery klasik namun justru jenis roti klasik ini pangsa pasarnya masih sangat luas dan mudah memasarkannya. Roti bakery klasik ini masih bisa bersaing dijual dengan harga 3-4 ribu rupiah per buahnya.

  1. Kursus Siomay & Batagor

Kursus masak siomay UKMKU memang salah kelas kami yang hampir selalu penuh pesertanya. Banyak pengusaha siomay yang telah berhasil jebolan kursus ini. Menurut banyak peserta keunggulan kursus siomay ini adalah pada komposisi bahan, teknik dan rasanya yang jempolan. Sehingga ketika hendak langsung jualan , siomay ala UKMKU mudah dijual dan laris di pasaran. Materi yang diajarkan adalah membuat siomay ekonomis, siomay spesial ala Bandung, Batagor dan bumbu kacang rasa mantap !

  1. Kursus Bakso Kampoeng

Disebut Kursus Bakso Kampoeng karena cara membuatnya dengan mesin sederhana jadi hasilnya masih terasa seperti bakso gerobakan. Jenis bakso yang diajarkan antara lain adalah bakso ekonomis, bakso spesial dan bakso urat. Dalam kursus ini juga diajarkan bagaimana membuat kuah kaldu bakso yang enak, gurih, segar dan mantap khas abang bakso gerobakan. Jika Anda sudah memiliki mesin bakso yang besar, resep bakso ini bisa juga dijadikan bakso untuk industri atau restoran. Perbedaan bakso kampoeng dengan bakso industri adalah pada penggunaan mesin pengolahannya.

  1. Kursus Fried Chicken Gerobakan

Kursus masak ini akan mengajarkan membuat tepung sendiri, rendaman ayam, penepungan, pencelupan dan teknik menggoreng dengan kompor. Karena menggunakan kompor sederhana maka kami menyebutnya fried chicken ala gerobakan. Walaupun menggoreng dengan kompor sederhana namun hasil fried chicken bisa renyah dan bertahan sampai 5-6 jam. Keunggulan kursus ini adalah : diajarkan membuat racikan tepung sendiri ( tak harus beli tepung pada kami), praktik membuat fried chicken sendiri-sendiri, peserta dijamin bisa membuat fried chicken dengan tekstur keriting halus dan renyah. Semua bahan menggunakan bahan yang mudah didapat dan bisa bersaing dengan pedagang fried chicken gerobakan di pasaran.

Informasi Kursus :

  • Biaya setiap kursus Rp 350.000,- per peserta
  • Member : + Rp. 50.000,- . sertifikat : + Rp. 30.000,-
  • Peserta sudah mendapatkan bahan, materi resep, dan hasil masakan
  • Kursus berkisar antara 4-5 jam , Di akhir sesi bebas berdiskusi dengan pengajar
  • Metode kursus TIDAK DEMO, melainkan praktek langsung berkelompok.
  • UKMKU independent ,Tidak menjual alat, mesin ataupun bahan.
  • Peserta di jamin bisa, jika tidak bisa gratis kursus kembali sampai bisa.

About Tomy Achmad

Check Also

14 Hari Langsung Menjadi Pengusaha

Bisakah Buka Usaha Tanpa Resiko ?

Resiko merupakan momok yang menakutkan bagi mereka yang mau buka usaha. Rasanya sebelum buka usaha …