Home / Artikel / Review Kursus Masak September 2016

Review Kursus Masak September 2016

Kursus Masak UKMKU Periode Bulan September sudah diumumkan jadwalnya. Untuk Anda yang ingin tahu tentang materi apa saja yang diajarkan untuk tiap-tiap kursus berikut ini reviewnya :

  1. Kursus Cake Laris Ekonomis

Kursus Cake Laris Ekonomis ala UKMKU ini peserta akan diajarkan membuat aneka cake dengan perhitungan biaya produksi yang murah sehingga bisa memberikan potensi keuntungan cukup besar. Dengan biaya produksi yang murah tentu akan bisa bersaing harga jual di pasaran terutama bersaing dengan indutri kue skala besar. Walaupun berbiaya produksi murah, rasa cake tetap memiliki cita rasa enak dan unggul  dikelasnya. Membuat cake enak dengan harga bahan yang mahal itu sudah biasa, tapi bisa membuat cake enak dengan bahan ekonomis itu yang perlu dipelajari ilmunya ! Materi Cake yang diajarkan antara lain adalah, Roll Cake ( bolu gulung), Lapis Surabaya, Banana Cake, Cake Tape, Chiffon Cake & Marmer Cake dan semua serba ekonomis !

  1. Kursus Mie Ayam Ala Resto

Kursus Mie Ayam Ala Resto adalah jenis kelas mie ayam kedua di UKMKU, Jika pada kelas pertama diajarkan membuat mie ayam ala gerobakan yang bisa dijual dengan harga 8-9 ribu per porsi, mie ayam resto ini tentu dapat dijual diatas 10 ribu. Dalam kursus ini Anda akan diajarkan bagaimana membuat mie dari bahan mentah dengan tekstur lembut, membuat minyak ayam dengan cita rasa resto, topping ayam warna putih dengan cita rasa ala chinese dan topping ayam jamur yang sering digunakan untuk mie yamin manis. Anda akan diajarkan dari awal pembuatan mie mentah dan praktek langsung sampai bisa membuat semangkuk mie ayam dengan cita rasa dan kualitas sekelas resto bakmi terkenal.

  1. Kursus Roti Rakyat

Kursus Roti Rakyat adalah kursus yang membuat aneka roti manis dengan biaya produksi murah dan cocok untuk skala industri. Roti Rakyat adalah jenis roti yang sering dijual di warung atau toko dengan harga pasaran sekitar 2 ribu per buahnya. Dengan ikut kursus ini Anda bisa membuat aneka roti dengan biaya produksi dibawah 900 rupiah untuk setiap rotinya, namun rasanya boleh dibandingkan dengan roti industri dikelasnya. Di kelas ini Anda bisa belajar membuat roti dengan mengadon tangan langsung ( hands on) langsung setiap peserta, memang berat tapi ada rasa puas ketika melihat roti yang diadon sendiri bisa matang dan mekar sempurna. Seni kursus roti rakyat ini ini adalah pada teknik pengadonan tangan sendiri !. Materi yang diajarkan pada kursus ini adalah membuat isi roti sendiri, filling coklat, filling nanas, filling kacang hijau, keju imitasi, pisang karamel dan selai kacang. Dengan isian tersebut Anda bisa membuat aneka roti manis seperti roti coklat, roti keju, roti kacang hijau, roti kacang , pisang coklat karamel , roti pizza dan semuanya skala ekonomis.

  1. Pelatihan Cara Awal Buka Usaha Kuliner

Pelatihan ini cocok untuk Anda yang belum mulai atau akan mulai buka usaha di bidang kuliner. Apa dan bagaimana cara awal buka usaha akan dikupas tuntas disini. Untuk Anda yang sudah buka usaha tidak disarankan untuk mengikuti kelas ini namun bisa ikut dikelas manajemen usaha kuliner yang khusus membahas tentang pengelolaan usaha. Pelatihan memang ditujukan untuk yang belum mulai usaha sehingga materi yang diberikan seputar permasalahan orang sebelum membuka usaha. Materi yang diajarkan antara lain, menentukan jenis usaha kuliner yang tepat untuk masing-masing peserta, membuat rencana bisnis seperti rencana lokasi, produk, perijinan, permodalan, pemasaran dan perhitungan proyeksi keuntungan usaha sebelum mulai. Tentunya semua materi dibekali dengan tips dan trik seputar kewirausahaan. Dengan mengikuti pelatihan ini peserta bisa siap action dan langsung buka usaha !

  1. Kursus Aneka Soto 1

Kursus Aneka Soto 1 di UKMKU ini menyajikan materi Soto Lamongan, Soto Betawi dan Soto Mie. Konsep kursus soto di UKMKU ini mengusung resep asli dan benar-benar bercita rasa rempah tradisional. Soto Lamongan mempunyai cita rasa khas bumbu rahasianya, soto betawi asli dengan kuah warna merah ala Pondok Pinang dan Barito , soto mie dengan racikan khas kota Bogor dengan kuah gurih, mantap dan segar. Dalam kursus ini Anda akan diajarkan membuat soto enak sesuai selera pasar, tips dan trik memasak soto khusus jualan dan meracik rasa soto yang jempolan !

  1. Kursus Dimsum Kaki Lima

Kursus Dimsum di UKMKU ini punya tambahan kata kaki lima karena biaya produksinya cukup murah sehingga dapat dijual dengan harga mulai dari Rp 6 ribu per porsi. Walaupun biaya produksinya cukup murah Anda akan diajarkan membuat dimsum enak dengan cita rasa sesuai cita rasa orang Indonesia. Dalam kursus ini Anda akan diajarkan membuat aneka jenis dimsum seperti hakau, siomay ayam, siomay jamur, siomay telur. Selain itu Anda juga diajarkan aneka dimsum goreng seperti wonton, rambutan, ekado mini dan lumpia. Tambahan menu dalam kursus ini adalah membuat dimsum ceker yang mantap ! Keunggulan kursus ini adalah Anda akan diajarkan detail mulai membuat kulit hakau sendiri, meracik dengan bumbu yang mudah didapatkan dipasaran, membuat semua dimsum dengan cita rasa enak dan bentuk cantik, serta membuat saus cabe sesuai dengan selera pasar.

  1. Kursus Ayam & Bebek Goreng Kremes

Kursus Ayam dan bebek kremes di UKMKU mempunyai materi antara lain adalah, ayam goreng kremes, ayam goreng tulang lunak dan bebek goreng. Keistimewaan dari kursus ini adalah peserta akan diajarkan membuat ayam goreng enak dengan taburan kremesan atau membuat ayam goreng berselimut kremesan. Peserta tidak diijinkan pulang jika belum berhasil membuat kremesan sendiri, dijamin sampai bisa. Selain itu keistimewaan kedua adalah peserta harus dapat membuat ayam tulang lunak yang enak, tulangnya lunak atau empuk namun daging ayamnya tidak hancur dan ini butuh trik khusus yang akan dipraktekkan dalam kursus. Keistimewaan ketiga peserta akan diajarkan membuat bebek goreng yang lezat, empuk dan tidak amis. 3 keistimewaan tersebut ditambahkan dengan pembuatan pembuatan 2 jenis sambal yang pas dan enak untuk ketiga jenis menu tersebut.

  1. Kursus Bakso Malang

Kursus Bakso Malang atau sering disebut Bakwan Malang merupakan salah satu kelas unggulan di UKMKU. Peserta akan diajarkan membuat aneka isian Bakwan Malang seperti bakso khas malang, siomay kukus ala bakwan malang, bakso goreng yang tidak kempes dan pangsit goreng isi. Selain itu peserta juga diajarkan membuat kuah kaldu yang tidak mengendal di lidah, bening, tanpa bahan perjernih kimia namun tetap punya cita rasa gurih, enak, mantap khas Bakwan Malang. Dalam kursus ini peserta praktek langsung, hands on, dan mendapatkan tips trik langsung untuk membuat bakso / Bakwan Malang khusus Jualan.

About Tomy Achmad

Check Also

14 Hari Langsung Menjadi Pengusaha

Bisakah Buka Usaha Tanpa Resiko ?

Resiko merupakan momok yang menakutkan bagi mereka yang mau buka usaha. Rasanya sebelum buka usaha …