Home / Artikel / Telah Terbit Buku UMKM 4.0 By Wulan Ayodya

Telah Terbit Buku UMKM 4.0 By Wulan Ayodya

Telah Terbit Buku UMKM 4.0

Penulis :WulanAyodya

Teman & Sahabat UMKM, tentu pernah mendengar tentang revolusi industri 4.0 yang belakangan ini sering banyak dibicarakan ?Walaupun pernah sekilas mendengar namun mungkin belum terlalu jelas dengan apa yang dimaksud dengan revolusi industry 4.0 dan apa hubungannya dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Indonesia ?

Konsep “Industri 4.0” pertama kali digunakan di publik dalam pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman di tahun 2011.  Arah industri 4.0 antara lain adalah menggunakan komputer dan robot ini sebagai dasarnya. Akan banyak perubahan yang terjadi ketika era komputer dan robot ini mulai terjadi. Salah satu contoh perubahan yang terjadi adalah komputer menjadi semakin kecil dan bisa seukuran smartphone, sehingga akan lebih mudah dioperasionalkan dimana saja. Kemajuan lain dalam teknologi di era 4.0 adalah adanya internet.  Selain komputer Inilah bagian pertama dari revolusi industri 4.0 yaitu “Internet of Things” saat komputer-komputer dan ponsel pintar tersambung ke internet, Ponsel pintar (smartphones) akan senantiasa membuat kita terhubung dengan dunia luar dan juga dapat digunakan untuk berbisnis.

Kemajuan teknologi juga menciptakan ribuan sensor baru, dan ribuan cara untuk memanfaatkan informasi yang didapat dari sensor-sensor tersebut yang merekam segalanya selama 24 jam sehari.  Contohnya dalam dunia usaha, informasi ini bahkan digunakan untuk menganalisa kinerja karyawan . Misalnya, kini sebuah unit usaha bisa melacak gerakan semua dan setiap pegawainya selama melakukan pekerjaan. Dari lacakan gerakan tersebut, dapat terlihat jika karyawan -karyawan tersebut menghabiskan waktu terlalu banyak di satu bagian, sehingga bagian tersebut perlu diperbaiki lagi agar dapat lebih efisien.

Masih ada ribuan informasi lainnya yang bisa didapat dari ribuan bahkan jutaan data yang berhubungan. Karena begitu banyaknya ragam maupun jumlah data baru ini, aspek ini sering disebut Big Data. Selain itu masih ada kemajuan teknologi dalam era revolusi industry 4.0 yang penting seperti cloudy computing dan kecerdasan buatan yang dibahas lebih jelas dalam isi buku ini.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ) di Indonesia tumbuh berkembang dan semakin meluas bidang usahanya.  Banyak diantaranya belum mempersiapkan diri untuk menghadapi era revolusi industry 4.0 ditandai dengan belum terbiasanya para UMKM menggunakan teknologi digital. Banyak UMKM Indonesia belum menggunakan sistem komputer, internet dan berbagai aplikasi yang terhubung dengan ponsel pintar untuk operasional usahanya. Masih banyak diantaranya bahkan masih sangat konvensional sehingga belum bisa melakukan efisiensi dalam penggunaan biaya-biaya usaha. UMKM yang masih belum bisa melakukan efisiensi akan sulit bersaing kompetitif terutama dalam penentuan harga jual produknya yang masih tinggi dibanding dengan industry yang sudah melakukan efisiensi. Hal ini biasanya disebabkan karena biaya yang masih tumpang tindih, sistem operasional yang manual tanpa perhitungan dan banyaknya kesalahan yang sering dibua tsehingga membuat biaya –biaya produksi dan operasional UMKM jadi lebih besar. Selain itu karena beberapa UMKM tidak menggunakan teknologi digital, pemasaran usaha juga belum banyak menggunakan media pemasaran online sehingga mulai terasa sulit bersaing dengan industri yang sudah menggunakan teknologi untuk operasional dan pemasaran usahanya.

Dengan menulis buku ini, saya ingin mengajak seluruh UMKM Indonesia untuk mempersiapkan usahanya menghadapi tantangan era revolusi industry 4.0. Persiapan dapat dilakukan dalam berbagai aspek usaha seperti penggunaan sistem dalam produksi dan operasional, pengelolaan keuangan, pengelolaan persediaan sampai pada pemasaran sehingga UMKM Indonesia dapat menjadi UMKM 4.0 yang mampu dan siap menghadapi datangnya era revolusi industry 4.0.

Sinopsis Buku UMKM 4.0

Penulis :Wulan Ayodya

Penerbit : PT Elexmedia Komputindo, Kompas Gramedia Group

Buku ini memberikan gambaran dan wawasan untuk calon UMKM atau wirausaha skala UMKM tentang era revolusi digital 4.0. Siap tidak siap era 4.0 akan tiba, bahkan sudah dapat dirasakan perubahan era ditandai dengan mulai bergesernya gaya belanja konsumen dari offline ke online. Dengan buku ini pelaku UMKM akan mendapatkan wawasan dan panduan antara lain adalah :

  • UMKM dapat mengetahui gambaran era revolusi industry 4.0 seperti kemajuan dalam daya komputerisasi, internet of things, kecerdasan buatan, robotik, dan hal lainnya yang akan mempengaruhi kondisi dunia usaha khususnya usaha mikro kecil dan menengah.
  • UMKM dapat mengetahui tentang karakter konsumen di era digital 4.0 beserta ciri generasi konsumen yang ada berikut pola cara belanja untuk tiap generasi tersebut. Tujuannya agar UMKM lebih mengetahui karakter konsumen yang akan dituju.
  • UMKM dapat mengenal industri dan produk kreatif sebagai solusi dari persaingan usaha yang ketat di era 4.0.
  • UMKM dapatmengetahui 16 sub sektor bidang industry kreatif yang dapat dijadikan ide usaha baru atau ide pengembangan usaha.
  • UMKM dapat mengetahui cara perencanaan produk kreatif sebagai pilihan produk usaha baru atau varian baru dalam rangka meningkatkan penjualan usaha
  • UMKM dapat mengetahui bagaimana cara pengelolaan sumber daya, produksi, operasional dan persediaan usaha agar menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat bersaing kompetitif.
  • UMKM dapat mengetahui cara pengelolaan dan perhitungan keuangan usaha agar dapat berkembang ke skala yang lebiht inggi dengan dasar pondasi keuangan yang kuat dan efisien.
  • UMKM dapat mengetahui gambaran cara –cara pemasaran yang dapat dilakukan di era revolusi digital 4.0 untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa usaha.

About Tomy Achmad

Check Also

Jadwal Kursus Masak UKMKU bulan November 2019

Jadwal Kursus Masak November 2019

Jadwal Kursus Masak UKMKU November 2019 Kursus Ayam Bakar, Sabtu 02 Nov 2019 Kursus Fried …