BRI.JPG

Menu Interactive

BLOG

Jadwal Kursus

Jadwal Kursus UKMKU Bulan Oktober 2014
  1. Kursus Usaha Roti Bakery 1 (25/10)
  2. Kursus Usaha Mie Ayam 1(26/10)

Jadwal Kursus November 2014 UKMKU

  1. Kursus Usaha Roti Goreng & Donat Kentang (01/11)
  2. Kursus Usaha Fried Chicken Gerobakan (02/11)
  3. Kursus Usaha Pempek (08/11)
  4. Pelatihan Bisnis Plan Usaha Kuliner (Panduan Langkah Membuka Usaha Kuliner) (09/11)
  5. Kursus Usaha Ayam Bakar (15/11)
  6. Kursus Usaha Bakso Kampoeng (16/11)
  7. Kursus Usaha Aneka Soto (22/11)
  8. Kursus Usaha Mie Ayam 2 (23/11)
  9. Kursus Usaha Bakery 2 (29/11)
  10. Kursus Usaha Dimsum 2 (30/11)

Info & Pendaftaran Kursus

Hub : 021-70038143
sms : 0856-719-4353
Pin BB : 28C63BC8

UKMKU
Jl. Poncol Raya No. 1, Cirendeu - Lebak Bulus

 

KOMENTAR

Image

Ibu Rima :

Enak semua tambah soto betawi mantap....

Image

Ibu Tutik :

Soto mie mantap! Soto betawi assoy!

Image

Ibu Wiwiek :

Sangat menyenangkan pengajarnya enak dan mudah dimengerti dan hasilnya bener-bener top banget...

Image

Bpk Dearama: Soto Mie

Image

Bpk. Verta: Soto Mie mantap.

Read more...
 

Shout It!

Name:

Message:







Home arrow Cerita Inspiratif arrow “Impianku Punya Usaha Restoran Mie Sehat Akhirnya Terwujud... ! ”
“Impianku Punya Usaha Restoran Mie Sehat Akhirnya Terwujud... ! ” PDF Print E-mail
Written by tomyachmad   
Wednesday, 16 February 2011

Image
Hallo Para Sahabat, kali ini giliran saya ingin berbagi pengalaman saat ingin mewujudkan usaha yang telah menjadi impian selama ini. Semoga cerita saya dapat memberikan manfaat bagi para sahabat khususnya di bidang usaha. Usaha saya adalah Mie Ayam Sehat 3 WARNA !
Langkah awal untuk mulai usaha mie ayam sehat ini didasari dengan kebiasaan saya dan suami yang suka memasak . Kami sering mempraktekkan berbagai resep masakan serta menikmati pengalaman berbagai kulinet di luar rumah, membuat kami terinspirasi untuk membuka usaha. Hal ini dikuatkan dengan adanya respon positif dan hasil yang tidak mengecewakan pada setiap makanan yang kami buat dan sajikan untuk acara keluarga, teman & kerabat lainnya.  
Pada saat perasaan “bosan jadi pegawai” terlintas dipikiran saya dan adanya tayangan acara tersebut di stasiun TV swasta, saya  terinspirasi untuk membuka suatu usaha yang membuat orang suka dan mendatangkan uang nantinya.  Awal usaha  yang saya tekuni pada waktu itu adalah membuat asesoris kalung batuan yang belajar  dan berkreasi  tanpa kursus hanya melihat gambar saja, kemudian dikerjakan sendiri. Karena saya suka asesoris jadi untuk mencari batuannya juga hunting kemana-mana sampai nitip beli batuan melalui teman yang keluar kota. Alhasil Alhamdulillah hasil asesoris saya bisa dijual dipameran-pameran. Kemudian lanjut di trend asesoris untuk jilbab..hasil penjualannya juga tergolong bagus. Karena  usaha ini   merupakan kebutuhan sekunder rutin sehingga saya mulai berfikir bisnis yang baru kira-kira apa ya????
 
Impianku Akhirnya  Terwujud…
Suamiku pada waktu  itu sempat punya keinginan mempunyai restoran atau rumah makan karena kita berdua suka masak dan hasilnya juga enak, jadi  kita yakin bahwa suatu saat kita punya rumah makan atau restoran yang pastinya disukai banyak orang…. Ge er nih….hehehe.
Kemudian timbul pikiran untuk jualan mie ayam sehat, dengan alasan karena ; Masih jarang yg jualan mie ayam sehat,  Mie ayam adalah makanan pilihan kedua setelah nasi dan alas an terakhir adalah Semua orang suka mie, kenapa tidak kita buat sehat saja dengan makan mie?
Yang tentunya untuk bisa membuat mie tsb saya harus kursus dahulu untuk mendapatkan ilmunya.  Ketemulah UKMKU… info dari teman.  Padahal aku kerja di sebuah tabloid dimana pengajar UKMKU mengisi rubrik loh….
Setelah mengikuti kursus dan hasilnya enak.. mulailah saya mencoba praktekkan membuat mie dan kelengkapannya dari ilmu yg saya dapatkan.. karena niat kami ingin memulai usaha mie ayam sehat maka hampir setiap libur saya mencoba membuat sampai siap disajikan.  Nah… setelah yakin bahwa mie ayam sehatnya enak maka saya mulai berfikir untuk membuka warung mie ayam sehat yang murah, enak dan tempatnya juga sehat alias bersih. Mulailah menghitung-hitung kira2 berapa modal yang harus disediakan untuk buka usaha tersebut. Alhamdulillah dengan niat yang baik saya dan suami memberanikan diri untuk membangun tempat, menyiapkan perlengkapan berjualan termasuk mesin mie listrik dan kebutuhan lainnya dan tentunya tenaga yang memegang usaha ini juga paling utama dipikirkan.
Respon Pembeli Yang Bagus
Alhamdulillah pada hari kamis tanggal 27 Januari 2011 kami mencoba berjualan yang perdana dan respon pembeli sudah lumayan dan terjual pada hari itu 20 porsi. Begitu juga hari kedua, ketiga dan seterusnya pembeli selalu meningkat sehingga omzet kami juga meningkat s/d 70 porsi di hari kelima.  Mereka puas dengan rasa mie yg lain dari yang lain, warna yang menarik, tempat yang asri dan harga promosi yang kami berikan. Hal yang paling penting adalah rasa yang tidak berubah membuat pembeli datang berkali-kali alias sudah makan ketagihan…….  Semoga saja penjualan mie ayam sehat semakin banyak dikunjungi pembeli.

Kendala Saat Awal Memulai Usaha  
Kendala yang pertama adalah awal mulai usaha kendala yang terjadi adalah waktu dan tehnik pembuatan yang masih lambat dari mulai cetak mie sampai kebutuhan dan penyajian untuk pembeli. Maklum baru sehari…  tetapi hari berikutnya sudah mulai bisa mengatur waktu dst.
Kendala yang kedua adalah pembuatan mie yang ketipisan sehingga lengket setelah siap untuk disajikan.
 Solusinya adalah :Setelah menemukan tehnik pengaturan waktu,  hari berikutnya  sudah tidak tergesa-gesa lagi. Berdasarkan pengalaman hari sebelumnya maka mienya dibuat agak tebal sedikit.

Suka duka Saat Memulai Usaha Mie Ayam Sehat Ini
Cerita suka –nya dulu yaa.....
Karena ternyata banyak orang yang menyukai mie sehat yang masih jarang ditemukan, rasanya yang enak dan porsi yang pas membuat pembeli datang dan datang lagi. Mereka mengetahui dari mulut ke mulut. Ini saja belum sebarkan brosur tetapi pembelinya sudah lumayan. Di dukung dengan pelayan yang ramah dan mau menerima masukan dari pengunjung. Baru buka sudah ada yang menawarkan untuk buka ditempat lain,  banyak yang ingin membuka di daerah dengan frenchaise loh……
Sekarang Giliran Dukanya.....
Cerita pengalaman duka nya , Karena kami pengusaha pemula, terkadang terbawa emosi untuk membuat stok lebih banyak lagi, namun bila tidak habis terjual rasanya mubazir, tetapi karena pengalaman pula kami dapat menyiasatinya

Cerita duka yang kedua adalah Karena ini produk yang baru, kami selalu membuat display mie di gerobak kaca agar terlihat warnanya, namun karena produk ini mempunyai bahan dasar sayuran, bila terlalu lama kena cahaya matahari warnanya berubah.  Karena pelanggan sudah cukup banyak sehingga kami menyiasatinya hanya mendisplay sayurannya saja, sementara produk mie nya kami simpan di showcase.

Kesan Tentang UKMKU
Saya ikut Kursus  Mie Ayam Sehat & Siomay di UKMKU,Saya memperoleh banyak manfaat,UKMKU memberikan inspirasi untuk buka usaha, metode pengajarannya mudah dimengerti dan dipraktekkan, rasanya juga pas serta terjangkau biayanya.
 
Target ke depan
        Aku berniat untuk mengembangkan usaha ini ditempat lain. Buka cabang lagi ! Untuk Pembaca sekalian ”Semoga siapapun anda berkenan datang untuk mencicipi mie ayam sehat  ’3 WARNA’ yang tentunya sudah kami uji rasanya dan dijamin bisa datang lagi…….
Data Lengkap Usaha
Nama                      :  Riri Nurjadi
Brand Usaha          :  Mie Ayam Sehat “3 Warna”
Produk Yang Dijual :  Mie Ayam Sehat
Harga                     :  Terjangkau     Rp.8.000  -  Rp.12.000,-
Lokasi                     :   Jl. Raya Setu Kp. Kramat No. 62 Kel. Setu Kec. Cipayung (masuk dari Pintu  Utama Mabes) Jakarta Timur
                                  Telp. 081809161787
Cara Penjualan       :  Makan di tempat. Jika ada yang pesan minta diantar, kami siap untuk mengantarnya terutama yang tingggal dekat dengan lokasi penjualan. Untuk pesanan jarak jauh ada ketentuan minimal order + ongkos kirim.
 
Image
Last Updated ( Wednesday, 16 February 2011 )
 
< Prev   Next >


Best Seller
Cetakan Pertama Agustus 2007
Cetakan Kedua November 2007
Cetakan Ketiga Maret 2008
Photobucket Kena Aku Photobucket Cara Awal Buka Usaha Roti Kue Cover Depan Cara Jitu Siswa Juga Bisa Jadi Pengusaha 15 Hari Bisa Jadi Pengusaha

Subscribe to ukmku
Powered by finance.groups.yahoo.com