mie ayam2.JPG

Menu Interactive

BLOG

Jadwal Kursus

Jadwal Kursus UKMKU Bulan April 2014

  1. Kursus Usaha Roti Goreng & Donat Kentang (05/04)
  2. Kursus Usaha Siomay & Batagor (06/04)
  3. Kursus Usaha Roti Bakery Versi 1 (12/04)
  4. Kursus Usaha Fried Chiken Gerobakan (13/04)
  5. Kursus Usaha Kue Kering Ekonomis (18/04)
  6. Kursus Usaha Roti Bakery Versi 2 (19/04)
  7. Kursus Usaha Bakwan Malang (20/04)
  8. Kursus Usaha Pempek (26/04)
  9. Kursus Usaha Mie Ayam Variasi (27/04)

Info & Pendaftaran Kursus

Hub : 021-70038143
sms : 0856-719-4353
Pin BB : 28C63BC8

UKMKU
Jl. Poncol Raya No. 1, Cirendeu - Lebak Bulus

 

 

KOMENTAR

Image

Bu Hj. Tarie :
Secara garis besar rasa ikan dalam semua jenis pempek sudah cukup enak

Image

Bu Wahyuni :
Senang dapat membuat pempek, pengajarnya ramah. Trik diajari. Terima Kasih

Image

Bu Nurmala :
Menyenangkan, Pempeknya Mantap & Lezat.

Image

Bu Ratna :
Seru Mudah dan rasanya enak gurih

Image

Bu Anita :
Jelas, Tenaga pengajar sabar hasil kursus berhasil
Read more...
 

Shout It!

Name:

Message:








Home
Meraih Peluang Usaha Kuliner PDF Print E-mail
Written by tomyachmad   
Tuesday, 26 July 2011

Meraih Peluang Usaha Kuliner Di Bulan Puasa

Image

Bulan Ramadhan merupakan bulan spesial yang datang  setahun sekali ini punya kesan tersendiri bagi banyak keluarga muslim di Indonesia. Selain ibadah wajib berpuasa, banyak tradisi lain yang dilakukan sepanjang bulan ini. Sahur dan buka puasa merupakan tradisi wajib bulan ramadhan yang setiap hari dilakukan bagi yang menjalankan ibadah puasa.

Selama menjalankan aktifitas ramadhan, seringkali beberapa Ibu punya ‘masalah baru’ dalam tugas rutin sehari-hari . Masalah baru ini biasanya sering datang musiman yaitu dag.. dig.. dug.. saat mengatur uang belanja keluarga. Untuk menjalankan tradisi ramadhan sepertinya butuh tambahan uang belanja lebih, karena memang ada perubahan dalam penyediaan menu sahur dan buka puasa. Jika biasanya tidak ada yang namanya kue-kue basah dan makanan tadjil di sore hari,  sekarang harus terus menyediakan. Apalagi jika hari raya sudah dekat, wah banyak sekali kebutuhan-kebutuhan mendadak yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.. Ini juga banyak membuat Ibu-Ibu sering pusing kepala, apalagi ditambah harga-harga bahan makanan yang ikut merangkak naik.. Yah, lengkaplah derita para Ibu.. Hiks.. Imbasnya para bapak pun akan kena dampak derita ini , harus ekstra berpikir mencari jalan keluarnya..
     Bayangkan betapa senangnya jika dapat menjalani bulan ramadhan dengan ibadah yang khusuk dan menjalani tradisi dengan senang tanpa pusing kepala. Tapi gimana caranya ? Jika para ibu sering pusing karena kendala ‘kurangnya uang belanja’ , bagaimana jika kita cari solusinya yuk ? Kebetulan karena latar belakang saya adalah pengusaha, maka saya akan mengajak para ibu untuk menghasilkan uang di bulan ramadhan ini. Saya amat memahami banyak diantara para Ibu yang ingin mengatasi masalah keuangannya dengan buka usaha, tapi biasanya mengalami kendala tak tahu harus bagaimana? Banyak pertanyaan dalam hati seperti, mau usaha apa di bulan ramadhan? apa ya usaha yang cocok untuk saya tekuni ? apakah usaha musiman bisa menguntungkan ya, lalu bagaimana caranya ya ?

Karena berangkat dari usaha kuliner , saya akan berbagi pengalaman dengan memberikan gambaran ide-ide usaha di bidang kuliner yang punya peluang bagus di bulan ramadhan. Maksud peluang bagus disini adalah usaha yang berpotensi memberikan keuntungan jika dijalankan pada saat ramadhan. Sebelum  Anda memilih salah satu jenis usaha, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis usaha apa yang peluangnya menjanjikan di bulan ramadhan . Jenis-jenis usaha yang berpeluang antara lain adalah :

1.    Usaha Tempat Makan
Usaha ini menyediakan produk makanan sekaligus menyediakan tempat untuk mengkonsumsi makanannya. Untuk bisnis musiman Anda dapat menggunakan teras rumah atau lokasi yang dikhususkan untuk penjualan makanan buka puasa dan sahur selama ramadhan. Contoh-contoh usaha tempat makan yang laris selama bulan puasa adalah tempat makan yang menyediakan makanan seperti aneka sop, aneka soto, rendang padang kering, aneka gulai, chinese food dan aneka makanan lauk rumahan. Belakangan ini saya melihat betapa larisnya penjual aneka sayur dan lauk dengan harga paket 3 ribu sampai 10 ribu untuk tiap bungkus, porsi atau kotak lauk..Ini bisa jadi pilihan peluang bagi Anda jika tertarik untuk berbisnis tempat makan. Anda dapat saja buka usaha tempat makan selama bulan ramadhan , tentunya dengan tempat usaha yang  tidak permanen.

2.    Usaha Aneka Snack Basah
Usaha ini bergerak pada produksi dan penjualan aneka penganan dan kue basah.  Usaha dibidang ini dapat dibedakan beberapa jenis berdasarkan cara penjualannya. Usaha dibidang snack basah dapat memilih penjualan dengan cara buka kios kue, ikut bazar, penjualan keliling dengan sales, titip jual di toko-toko dan bisa hanya menerima pesanan saja.
    Di bulan ramadhan usaha aneka snack basah yang bagus peluangnya adalah menjual kue-kue manis tradisional khas buka puasa seperti lupis, talam, lapis beras, serabi kinca, putu mayang, dadar gulung dan aneka kue basah lainnya. Kue-kue manis modern pun laris di pasaran seperti, aneka bolu, lapis surabaya, lapis legit, cake modern , aneka pie . Bahkan untuk hari raya kue-kue  seperti lapis legit, lapis surabaya dan tart modern dalam ukuran loyang laris dipesan. Khusus tart modern pesanan yang cukup laris adalah tiramisu, double & triple chocolate, strawberry chese,opera cake dan blackforest.
 Selain kue-kue basah, kue asin dan gurihpun tak kalah laris seperti aneka risoles, roti goreng, pastel, lontong oncom, arem-arem , bakwan udang, tahu isi dan martabak mini. Kue-kue yang saya sebutkan merupakan jenis kue asin yang paling dicari selama ramadhan.
    Khusus untuk ramadhan , aneka bubur juga menjadi serbuan pembeli . Aneka bubur yang laris dipasaran antara lain adalah bubur candil ubi merah, bubur sumsum, bubur pacar, bubur ketan hitam, bubur kampiun dan aneka kolak. Ada juga yang menjual aneka bubur manis dengan tambahan nangka dan durian untuk memberikan kesan spesial pada bubur tradisional khas buka puasa.

    
3.    Usaha Aneka Katering
Usaha ini bergerak di bidang penyediaan boga dalam jumlah tertentu untuk memenuhi kebutuhan akan makanan. Pada bulan ramadhan kebutuhan akan makanan dalam jumlah besar biasanya untuk acara-acara  buka puasa bersama dan pembagian makanan boks untuk buka dan sahur. Selain itu karena tradisi banyak keluarga dimana saat buka puasa harus menyediakan menu makanan spesial, maka pesanan akan makanan jenis tertentu akan meningkat. Makanan spesial yang biasanya sering dipesan adalah, rendang daging dan paru,  ayam kodok istimewa, ayam panggang madu,  dan aneka masakan spesial lainnya.
Ada juga jenis makanan segar pelengkap menu masakan yang sering dipesan seperti aneka pasta, schootel, aneka asinan, aneka pudding , aneka salad dan selada.
Makanan khas kedai atau gubugan juga laris dipesan seperti, aneka siomay, dimsum, aneka sate, bakso malang , tekwan dan lainnya sebagai tambahan menu ringan saat acara buka bersama.
Menjelang hari raya usaha katering juga punya peluang tambahan. Peluang tambahannya adalah menerima pesanan makanan  khas hari raya seperti paket opor ayam, sayur pepaya, semur , sambal goreng ati, telur petis dan ketupat – lontong. Selain menerima pesanan makanan khas hari raya , beberapa katering laris dipesan untuk acara open house idul fitri di berbagai kalangan.


4.    Usaha Aneka Minuman dan Es
Usaha ini bergerak pada produksi dan penjualan aneka minuman es yang juga merupakan suatu kebutuhan selain makanan. Jenis usaha ini banyak sekali variasinya karena memang minuman dapat dijual dengan berbagai bentuk. Aneka minuman ringan seperti jus buah, teh manis dingin, minuman hangat dan minuman kemasan pasti laris dibeli untuk pelepas dahaga saat buka puasa.
Untuk bulan ramadhan jenis minuman yang disukai banyak orang adalah seputar aneka es. Es konvensional tetap masih paling tinggi dalam hal penjualan. Contoh  es yang menjadi favorit dan banyak pembelinya adalah es buah coktail,es blewah, es timun suri, es kelapa muda, es campur, es teler, es cincau, es cendol dan es doger ( biasanya sudah dikemas dalam paket plastikkan) . Aneka es dengan variasi modern juga banyak disukai terutama untuk kalangan muda seperti, aneka float, es jelly, bubble tea, es buah modern (potongan campuran strawberry, naga, kiwi & anggur ), sop buah, dan aneka jus buah campuran ( kiwi – jeruk, nanas – strawberry )

      
5.    Usaha Makanan Ringan
Usaha ini bergerak di produksi dan penjualan makanan ringan yang kering atau sering disebut snack kering. Snack kering cukup diminati saat ramadhan dan hari raya. Bahkan penjualan tertinggi untuk usaha snack kering adalah pada saat bulan ramadhan dan mendekati hari raya. Snack kering yang laris saat ramadhan antara lain adalah, aneka keripik - snack goreng, snack pabrikan dan kue kering. Untuk jenis snack keripik yang laris adalah cistik keju, keripik bawang , keripik kentang, keripik pisang manis, keripik sukun. Untuk snack goreng, kacang mete dan kacang bawang masih menduduki peringkat atas, selanjutnya adalah aneka kacang lainnya seperti kacang telur, kacang bogor dan kacang madu. Pastel abon goreng dan kuping gajah juga masih banyak disukai. Untuk snack pabrik yang laris adalah snack lapis selai, chocolate stik, egg roll, semprong wijen, specullas dan bolu kering. Khusus kue kering walaupun belakangan ini sering beredar aneka variasi kue kering yang beraneka ragam.Akan tetapi  dalam penjualannya tetaplah didominasi oleh kue-kue klasik seperti nastar, putri salju, kastengel, lidah kucing, kue kacang semprit, sagu keju dan kue kering coklat. Sebagai tambahan variasi kukis hias dan coklat praline juga banyak digemari untuk kalangan anak-anak dan remaja.

Setelah kita mengetahui beberapa peluang bisnis kuliner di bulan ramadhan , ternyata banyak juga jenis-jenis usaha yang dapat menghasilkan ya ? Dari berbagai pilihan diatas sebaiknya Anda pilih jenis usaha kuliner yang bidangnya Anda paling suka, terutama pada saat pengerjaannya. Pilihan usaha akan lebih lengkap jika Anda pernah punya pengalaman dalam menjalani usaha tersebut. Pengalaman akan memudahkan Anda untuk mencapai keuntungan dalam usaha. Ayo Ibu sudah siap untuk  jadi pengusaha kuliner ? Pilih salah satu jenis usaha dan kemudian segera mulai di awali dengan berbisnis musiman di bulan ramadhan !
 
Dikutip dari Artikel Wulan Ayodya (Part 1) Di Tabloid SAJI Terdaru Edisi Khusus 20 - 26 Juli 2011 
Last Updated ( Monday, 21 November 2011 )
 
< Prev   Next >


Best Seller
Cetakan Pertama Agustus 2007
Cetakan Kedua November 2007
Cetakan Ketiga Maret 2008
Photobucket Kena Aku Photobucket Cara Awal Buka Usaha Roti Kue Cover Depan Cara Jitu Siswa Juga Bisa Jadi Pengusaha 15 Hari Bisa Jadi Pengusaha

Subscribe to ukmku
Powered by finance.groups.yahoo.com

HIT COUNTER

free html visitor counters
 

SEMINAR & PELATIHAN

Ingin Mengundang kami untuk seminar & pelatihan ?

Contact Person

Image

Tomy Achmad

021 – 70038143,  08567194353


Untuk mengetahui lebih jelas tentang program seminar kami
Klik ....  (More)
 

 

 

Facebook



 

PESERTA KURSUS

Image

Bu Maya :
Seru!! cepat paham, penjelasannya OK, mudah dimengerti buat pemula seperti saya

Image

Bu Greece :
Kedua toppingnya enak, dan semua yang disampaikan jelas. Mudah dimengerti

Image

Pak Hardi :
Singkat, padat & jelas. Mie ayam wonogiri dan chinese sama enaknya

Image

Bu Hygia :
Pelatihan di UKMKU mudah dimengerti dan diterapkan

Image

Pak Dwi :
Jadinya enak juga
Read more...
 

Cerita Inspiratif

 "AKU SUDAH MULAI USAHA"

Untuk Sahabat UKMKU yang sudah mulai usaha mari berbagi cerita pengalaman memulai usaha. Harapan kami cerita ini akan menjadi inspirasi bagi sahabat lain yang membutuhkan motivasi & ilmu wirausaha yang bermanfaat.

Jika Anda ingin berbagi cerita dapat dikirim ke email This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it atau This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

Klik disini jika ingin membaca cerita inspiratif Sahabat UKMKU

 

Who's Online

We have 17 guests online