Home / Artikel / Cara Awal Buka Usaha Kuliner

Cara Awal Buka Usaha Kuliner

Anda sudah punya rencana usaha di bidang kuliner dan ingin buka usaha secepatnya ? Mudah kok, tinggal melakukan 3 langkah mudah untuk buka usaha kuliner. Apa saja langkahnya ?

  1. Tentukan Jenis Usaha

Langkah pertama, pilihlah mana usaha yang paling disukai dan cocok untuk Anda saat ini. Walaupun sama-sama usaha kuliner tapi jenisnya kan beda-beda. Ada yang ingin buka warung soto , ada pula yang ingin buka kedai kopi di mal atau ingin punya usaha produksi bakso di rumah namun dijual dengan sepeda motor oleh beberapa karyawannya. Sebaiknya ditentukan dari awal jenis usahanya sehingga nanti akan lebih mudah pada perencanaan dan persiapannya. Nah sekarang kalau usaha kulinernya tidak jelas atau belum ditentukan,lalu bagaimana untuk mempersiapkan alatnya? Apa alat-alat usaha yang harus dibeli dan bagaimana dengan kebutuhan bahan bakunya ? Selanjutnya untuk mencari tenaga kerja harus yang bisa masak apa? Semua belum bisa dilanjutkan karena jenis usaha belum ditentukan. Jadi sudah jelas kan , jenis usaha harus ditentukan sejak awal.

Berikutnya, untuk pemilihan jenis usaha kalau bisa memilih jenis usaha yang dikuasai masakannya atau paling tidak paling kita suka menunya dan tahu mana masakan yang enak untuk jenis tersebut. Dengan mengetahui atau mahir memasak menu tertentu akan lebih mudah dalam persiapan usahanya. Kalau Anda belum bisa masak menu favorit jangan putus asa, bisa kok mencari orang yang pintar masak dan untuk urusan masak memasak bisa di delegasikan namun ada juga yang perlu Anda ketahui. Anda paling tidak harus tahu rasa yang enak dari jenis makanan itu. Misalnya Anda suka masakan menu soto betawi, Anda harus tahu mana rasa soto betawi yang paling enak dan ramai dikunjungi pembeli selama ini. Jadi paling tidak harus tahu standart rasa enak menurut banyak orang, kemudian baru mencari karyawan yang bisa masak seenak soto betawi tersebut. Paling tidak bisa membuat atau memandu tenaga kerja untuk membuat soto betawi dengan kualitas rasa yang enak.

Pada langkah pertama ini, jelas Anda sebaiknya menentukan produk makanan apa yang hendak dijual dan dengan berikut cara penjualannya.

  1. Membuat Bisnis Plan

Langkah kedua setelah menentukan jenis usaha adalah membuat perencanaannya atau membuat bisnis plan sesuai usaha yang dipilih.

Manfaat membuat Bisnis Plan untuk usaha antara lain adalah kita dapat mengetahui arah usaha dan kebutuhannya dengan lebih terperinci. Calon pengusaha akan punya gambaran sebelumnya tentang prediksi usahanya kelak. Satu lagi hal penting tentang perencanaan usaha, pengusaha dapat cepat berbalik arah atau membuat keputusan baru jika dirasa prediksi bisnisnya tak sesuai dengan harapan misalnya, modalnya terlalu besar atau prediksi keuntungannya tak sesuai dengan modal yang akan dikeluarkan.

Bagaimana membuat bisnis plan atau perencanaan usaha secara tepat khusus untuk usaha kuliner? Mengingat usaha kuliner juga terbagi dari beberapa jenis, saya tidak dapat memberikan gambaran bisnis plan untuk masing-masing jenis usaha kuliner secara detail disini namun Anda bisa membacanya di buku saya yang berjudul “ Business Plan Usaha Kuliner Skala UMKM “ Mengapa harus membuat Business Plan menurut jenis usaha kuliner masing-masing ? jawabannya agar bisnis plan lebih pas dengan kebutuhan usahanya. Contoh, salah satu hal yang perlu direncanakan dalam bisnis plan adalah perencanaan alat usaha . Kebutuhan alat untuk usaha warung makan, bakery dan usaha katering tentu akan berbeda , maka akan lebih pas kalau Anda buat bisnis plannya yang lebih spesifik yaa…

Dengan perencanaan sesuai dengan kelompok jenis usaha maka akan memudahkan Anda untuk membuat bisnis plan yang sama dengan contoh-contoh yang saya sajikan. Untuk Usaha di bidang minuman saya tidak buatkan perencanaannya dalam bab tersendiri karena sudah digabungkan dengan usaha makanan. Dalam beberapa jenis usaha seperti warung makan dan restoran , saya juga merencanakan minumannya. Namun jika Anda secara khusus ingin merencanakan usaha di bidang minuman bisa menggunakan jenis perencanaan usaha lain sebagai contoh.

  1. Action

Langkah ketiga ini merupakah realisasi dari langkah sebelumnya. Ketika calon pengusaha sudah menentukan jenis usaha yang dipilih dan membuat perencanaan usahanya tibalah saat untuk melakukannya alias ACTION !

Action dapat dimulai dengan melakukan survei-survei kebutuhan peralatan, mencari informasi perijinan, mencari lokasi dan berbagai hal untuk mempersiapkan usaha. Panduan untuk persiapannya berdasarkan dari perencanaan usaha yang sudah dibuat. Kalau bisa saat melakukan persiapan Anda menggunakan agenda kerja . Anda dapat mencari buku saya yang berjudul “14 Hari Langsung Mulai Jadi Pengusaha” terbitan PT Elex Media Komputindo, dalam buku itu Anda akan dibimbing bagaimana membuat agenda untuk mempersiapkan usaha dalam waktu 14 Hari saja. Kalau Anda sulit mencari buku itu versi digitalnya yang bisa di download di situs www.gramediana.co.id

Walaupun usaha tidak selalu harus action dalam waktu 14 hari namun paling tidak Anda bisa mempersiapkannya dalam kurun waktu yang relatif singkat. Jangan sampai Anda sudah buat perencanaannya tapi nggak mulai-mulai yaaa…? Pokoknya mesti ACTION !!!

About admin

Check Also

Tempat Kursus Masak

Review Kursus Masak UKMKU Agustus 2016

Kursus Masak UKMKU mulai buka kembali setelah libur panjang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul …