Home / Artikel / Ingin Buka Usaha Kuliner Dari Rumah

Ingin Buka Usaha Kuliner Dari Rumah

 

Keinginan ini biasanya merupakan keinginan perempuan. Perempuan masa kini kebanyakan ingin produktif dan menghasilkan tapi meninggalkan tugasnya mengurus keluarga. Apalagi perempuan yang bekerja diluar rumah sering merasa dilema antara ingin berkarir, membantu suami menopang ekonomi rumah tangga namun sering sedih karena harus meninggalkan anak-anak dari pagi sampai sore.

Kebanyakan keinginan usaha dari rumah adalah didorong kondisi ingin punya penghasilan sambil mengurus keluarga. Tapi berwirausaha dari rumah tak selalu karena hanya alasan ingin mengurus keluarga, ada alasan lainnya seperti ingin menghemat biaya sewa tempat sebagai modal awal. Sebuah usaha pasti butuh tempat baik itu untuk produksi maupun untuk penjualan. Terkadang kebutuhan tempat ini butuh biaya sewa yang besar dan ini membuat usaha tersebut butuh modal besar karena harus menyewa tempat. Salah satu langkah untuk mengatasi bengkaknya modal usaha adalah dengan buka usaha di rumah. Untuk awal usaha tak apa-apa menggunakan rumah sebagai tempat usaha, apalagi jika lokasi rumahnya cukup strategis kemungkinannya usaha akan mudah diketahui banyak orang. Semakin banyak orang tahu usaha Anda tentu kemungkinan didatangi pembeli akan lebih besar.

Kendala yang biasanya terjadi adalah apakah lokasi rumah yang akan dijadikan tempat usaha diijinkan oleh aparat ? di beberapa lokasi rumah belum tentu diperbolehkan untuk tempat usaha. Apalagi jika rumah berlokasi di kompleks perumahan , ada beberapa developer yang tidak mengijinkan rumahnya untuk tempat usaha. Namun jika lokasi rumah diperbolehkan untuk jadi tempat usaha maka sangat bisa untuk buka usaha dari rumah. Berikut ini masukan untuk Anda yang ingin buka usaha dari rumah :

Sudah jelas bahwa rumah bisa dijadikan tempat usaha asalkan mendapat ijin dari aparat pemerintahan setempat seperti RT, RW , kelurahan dan kecamatan berikut developer kalau rumah berada dalam kompleks perumahan. Jika ijin sudah tak menjadi masalah berikut ini adalah peluang yang bisa dilakukan untuk usaha di rumah :

  1. Rumah bisa dijadikan gerai usaha

Anda tentu sering melihat gerai-gerai yang dibuka di depan rumah bukan ? gerai-gerai tersebut bervariasi mulai dari toko sembako, menjual aneka makanan sampai gerai aneka jajanan dan banyak lagi lainnya. Anda tentu bisa menggunakan lokasi rumah Anda untuk membuka gerai usaha namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda buka gerai yaitu, kondisi keramaian, pemilihan usaha yang tepat, segmentasi calon pelanggan. Kondisi keramaian perlu Anda perhitungkan apakah banyak orang dan kendaraan yang lewat ? apakah lokasi dekat pusat keramaian seperti pabrik, kantor dan sebagainya? Anda harus memperhitungkan dengan kondisi keramaian lokasi kira-kira gerai apa yang paling tepat didirikan disana ? Selain itu Anda juga harus mengamati calon pelanggan disekitar rumah Anda terutama dari kondisi keuangan dan kemampuan daya beli sehingga Anda dapat menentukan harga jual yang kompetitif di lokasi gerai Anda.

  1. Rumah bisa dijadikan alamat usaha & melakukan promosi on line

Buka usaha di rumah tak selalu membuka gerai. Ada beberapa bidang usaha yang tak perlu buka gerai contohnya seperti, usaha agen penjualan mesin industri keripik , kantor usaha jasa katering dan sebagainya. Untuk jenis-jenis usaha ini Anda tak perlu harus menjaring pembeli disekitar dengan buka gerai namun rumah hanya dijadilkan alamat usaha. Dengan kondisi jenis usaha seperti diatas Anda bisa melakukan promosi on line yaitu melakukan promosi di dunia maya sehingga pelanggan yang datang bisa dari berbagai daerah. Jika mereka ingin datang dan bertemu untuk bertransaksi barulah lokasi rumah Anda dapat dijadikan base atau tempat melakukan transaksi.

  1. Rumah bisa dijadikan tempat usaha menerima pesanan

Anda bisa menggunakan rumah sebagai lokasi untuk menerima pesanan bagi usaha tertentu. Contoh seperti jadi reseller produk makanan beku, atau menerima pesanan aneka makanan dan sebagainya. Jika pilihan usaha Anda seperti yang diatas cukup dengan memasang papan nama usaha di depan rumah dan menyiapkan sebuah ruangan untuk negoisasi pemesanan.

Untuk usaha jenis ini, promosinya bisa dituju untuk calon pelanggan disekitar rumah dan bisa juga melakukan promosi on line untuk calon pelanggan di berbagai daerah.

  1. Rumah bisa dijadikan lokasi produksi dan pemasarannya titip jual

Jika pilihan usaha Anda fokus pada produksi , lokasi rumah bisa dijadikan tempat produksi. Contohnya jika usaha Anda memproduksi aneka roti dan kue, aneka lauk pauk atau pelengkap kuliner selama diijinkan bisa menggunakan lokasi rumah tinggal. Anda bisa mengatur ruangan yang sesuai untuk proses produksi seperti ventilasi, saluran pembuangan air, pengaturan suhu ruangan dan limbah. Untuk usaha yang melakukan produksi makanan walaupun lokasinya di rumah biasanya butuh ijin dari dinas kesehatan. Apabila Anda ingin mendapatkan ijin kesehatan untuk produk makanan, lokasi rumah harus disesuaikan dengan persyaratan dinas kesehatan karena memang harus hygenis. Tak ada salahnya sebelum melakukan persiapan renovasi ruangan ada baiknya datang ke dinas kesehatan untuk mengetahui informasi tentang persyaratan lokasi produksi.

Usaha yang melakukan produksi pasti butuh juga lokasi penjualan untuk memasarkan hasil produksinya. Jika lokasi rumah tak memungkinkan juga untuk dibangun gerai Anda bisa melakukan pemasaran titip jual . anda bisa mencari lokasi-lokasi yang potensial untuk menitip jual produk Anda.

About Wulan Ayodya

Check Also

Tempat Kursus Masak

Review Kursus Masak UKMKU Agustus 2016

Kursus Masak UKMKU mulai buka kembali setelah libur panjang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul …